Print this page

Workshop di Bogor ini menawarkan awal yang intensif ke dalam proyek yang ikut didanai oleh Uni Eropa, yaitu „Pesantren for Peace“.

Inception workshop dalam rangka proyek „Pesantren for Peace“ yang ikut didanai oleh Uni Eropa bertujuan untuk mendukung Islam moderat di Indonesia. Selain langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam rangka proyek negara yang tengah berjalan, KAS dan mitranya sejak lama, yaitu CSRC (Center for the Study of Religion and Culture) dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, telah memulai sebuah proyek baru pada tanggal 1 Januari 2015 untuk mendukung Islam moderat di Indonesia. Proyek yang ikut didanai oleh Uni Eropa ini bernama „Pesantren for Peace“ dan bertujuan untuk mendukung serta mengembangkan kaum Muslim moderat di pesantren-pesantren di pulau Jawa.

Dalam rangka proyek yang berdurasi 30 bulan ini, akan diselenggarakan serangkaian workshop, publikasi, penelitian lapangan serta langkah-langkah lainnya yang berfokus pada peyelarasan demokrasi, HAM dan Islam, solusi damai dari konflik antar agama serta penguatan jaringan antar berbagai pesantren. Dengan langkah-langkah tersebut, proyek ini diharapkan dapat menguatkan peran pesantren dalam mengembangkan toleransi antar agama serta kesadaran dan perhatian publik bagi mayoritas kaum Muslim moderat Indonesia, baik di pulau Jawa maupun di daerah-daerah lainnya.


Mengawali proyek ini, anggota dari tim proyek serta pihak-pihak terkait lainnya dipersiapkan untuk menjalani tugasnya dalam proyek ini melalui sebuah inception workshop yang berlangsung selama beberapa hari. Dalam workshop ini, para peserta juga mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal khusus berkaitan dengan proyek yang didanai oleh Uni Eropa. Untuk hal ini dan untuk koordinasi permanen serta mendukung pekerjaan yang didanai oleh Uni Eropa, KAS memiliki sebuah tim beranggotakan 9 orang yang bekerja di kantor pusatnya, di Berlin. Tim ini bekerja mendukung rekan-rekan mereka di seluruh dunia: Saran-saran dari mereka didasari oleh pengalaman kerja lebih dari sepuluh tahun di yayasan dan oleh keberhasilan mengajukan permohonan proyek serta implementasi dari proyek-proyek Uni Eropa.

sumber: kas

  • 0 comment
  • Read 713 times
  • Tagged under

Related items

Login to post comments