Tentang KAS

logokas3

Y
ayasan Konrad Adenauer adalah salah satu yayasan terkemuka di Jerman yang didirikan pada tahun 1964. Yayasan yang memiliki program di lebih dari 100 negara ini bertujuan untuk mempromosikan demokrasi, penegakan hukum, dan sistem ekonomi pasar sosial.

KAS memiliki kepedulian untuk mendiskusikan dan berbagi pengalaman yang saling menguntungkan dengan partner-partner di luar negeri. Untuk memberikan kontribusi terhadap masa depan Indonesia, KAS banyak bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, lembaga swadaya masyarakat (LSM), media, dan sebagainya. Fokus kegiatannya adalah civic education, policy advice, dialog politik dan ekonomi, serta kegiatan untuk saling memahami antar agama.KAS

Kantor perwakilan KAS di Indonesia sudah berdiri sejak tahun 1968 sehingga KAS sudah memiliki sejarah panjang dalam kerjasama bilateral dengan Indonesia. Saat ini, kantor perwakilan ini dipimpin oleh Dr. Jan Woischnik. Ia didampingi oleh seorang staf dari Jerman serta enam staf dari Indonesia. 

Titik berat kegiatan KAS di Indonesia dan Timor Leste saat ini atara lain ialah:

  • Parlemen dan partai
  • Demokrasi, negara hukum dan masyarakat sipil
  • Ekonomi pasar sosial

 

Ada tiga prinsip yang mengarahkan KAS dalam bekerja:

Pertama, KAS mengusahakan untuk melakukan kegiatan di semua propisi (34 propinsi) yang ada di Indonesia. Pendekatan proyek yang desentral ini bertujuan untuk mengakomodasi serta memperhitungkan heterogenitas yang ada di Indonesia baik dari segi geografis, agama serta etnis dan budaya.

Kedua, semua tahapan kegiatan (konsep, implementasi serta evaluasi) yang KAS lakukan ialah berdasarkan koordinasi serta perjanjian dengan mitra lokal seperti Think Tanks, LSM, universitas dan otoritas negara. Hal ini memungkinkan orientasi yang sesuai dengan kebutuhan lokal dalam setiap aktifitas yang dilakukan serta meningkatkan efisiensi dari pekerjaan KAS Jakarta.

Ketiga, perhatian utama KAS Jakarta yaitu pengembangan demokrasi, bukan dimengerti sebagai suatu penyalinan yang dipaksakan dari sebuah bentuk masyarakat tertentu di Eropa. Aktifitas serta kegiatan KAS Indonesia lebih merupakan sebuah penawaran yang memperhatikan karakter negara serta berdasarkan keinginan dan minat bersama untuk mengembangkan demokrasi dan negara hukum.